Search

Memuat...

Pengikut

Label

Minggu, 09 Mei 2010

Cara Memotong dan Menggabung Video & Audio

Ada banyak software yang berfungsi untuk memotong atau menggabung video, namun rata-rata mereka memiliki fitur-fitur yang hampir sama kalaupun ada perbedaan cuma masalah kecepatan untuk memotong atau menggabung video dan fitur tambahan seperti mengubah format hasil pemotongan atau penggabungan video menjadi format video yang berbeda.
Salah satu software untuk memotong dan menggabung video yaitu Boilsoft Video Splitter dan pasangannya yaitu Boilsoft Video Joiner. Kedua software ini sangat simpel dalam penggunaannya dengan interface yang juga sangat mudah untuk dimengerti.

 Boilsoft Video Spliter (memotong)

Seperti namanya, Boilsoft video splitter ini berfungsi untuk memotong video dengan cara pengoperasian yang cukup sederhana yaitu:
  • Klik open untuk membuka file video di direktori tempat anda menyimpannya. Setelah itu anda tinggal memutar video tersebut.
  • Memulai cutting video pada track yang diinginkan dengan mengklik tanda “ { “ lalu tekan tanda " } " untuk mengakhiri track pemotongan.
  • Setelah itu klik tombol Split untuk memproses pemotongan video, dan dalam hitungan detik hasil pemotongan akan anda dapatkan.

Boilsoft Video JoineR (menggabungkan)
Boilsoft Video Joiner ini berfungsi sebaliknya yaitu menggabung beberapa video menjadi satu video, dan cara pengoperasiannya yaitu :
  • Drag and Drop file video yang akan digabung atau klik tombol Add File untuk mengambil file video di direktori anda.
  • Klik tombol disebelah kiri jendela file untuk mengatur urutan file video yang diinginkan.
  • Setelah semua file video berurut sesuai yang diinginkan, tekan tombol Merge untuk memulai proses penggabungan Video.
Walaupun terkesan cukup handal pada kecepatannya, namun video joiner ini juga memiliki kekurangan yaitu :
  1. Video yang akan digabung harus memiliki format yang sama. Jadi anda tidak dapat menggabung video, misalnya format avi dengan format mp4.
  2. Video yang digabung harus memiliki frame rate yang sama. Jadi walaupun format video yang akan digabung sama, tapi frame ratenya berbeda maka kedua video tersebut tidak dapat digabung.
  3. Hasil penggabungan video tidak dapat lansung diubah formatnya ke bentuk yang lainnya.


2 komentar:

fadhil mengatakan...

kayaknya bagus jg nih..

Amin Elhan mengatakan...

Terima kasih softwarenya